Top 5 Daerah Paling Aman di Sulteng, Banggai Kepulauan dan Poso Memimpin

waktu baca 1 menit
Danau Poso di Kabupaten Poso, Sulawesi Tengah tampak dari atas. (Foto: Josua M)

LIKEIN, PALU – Lima daerah di Sulawesi Tengah (Sulteng) tercatat sebagai daerah paling aman dengan jumlah kasus kriminal terendah pada tahun 2023.

Lima daerah tersebut adalah Kabupaten Banggai Kepulauan, Kabupaten Poso, Kabupaten Morowali Utara, Kabupaten Tojo Una-Una, dan Kabupaten Morowali.

Menurut data dari Kepolisian Daerah (Polda) Provinsi Sulteng, kelima wilayah ini mencatatkan jumlah kasus kriminal di bawah 500 laporan dalam setahun.

Baca Juga :   Bukti Peradaban Tua di Situs-Situs Kuburan Prasejarah Danau Poso

Polda Sulteng mencatat, total kasus kejahatan yang dilaporkan di provinsi ini pada tahun 2023 mencapai 8.546, meningkat dari 5.858 kasus pada tahun sebelumnya.

Kabupaten Banggai Kepulauan mencatat jumlah kasus terendah dengan 246 laporan, diikuti oleh Kabupaten Poso dengan 338 kasus.

Kemudian Kabupaten Morowali Utara dengan 376 kasus, Kabupaten Tojo Una-Una dengan 478 kasus, dan Kabupaten Morowali dengan 489 kasus.

Adapun rata-rata waktu terjadinya tindak kejahatan di lima wilayah tersebut berada di atas 17 jam.

Selang waktu terjadinya tindak kejahatan di Banggai Kepulauan mencapai 33 jam 26 menit, di Poso 24 jam 44 menit, Morowali Utara 22 jam 38 menit, Tojo Una-una 18 jam 08 menit, dan Morowali 17 jam 04 menit. (Inul)

Facebook Comments Box