Menu

Mode Gelap

Story

Tiktok Bagikan Tips Tingkatkan Penjualan Saat Ramadan


					TikTok bagikan Tips Bisnis. Foto : Fhadila/Likein Perbesar

TikTok bagikan Tips Bisnis. Foto : Fhadila/Likein

LIKEIN, PALU – TikTok membagikan tips kreatif dan relevan dengan kondisi saat ini buat para pelaku bisnis meningkatkan penjualan saat bulan Ramadan 2022.

Head of Business Marketing TikTok Indonesia, Sitaresti Astarini, menyampaikan, dengan adanya tips ini menjadi kesempatan bagi para pelaku bisnis dengan cara yang kreatif.

“Hal ini bisa menjadi kesempatan bagi para pelaku bisnis untuk ikut mengambil bagian membantu masyarakat menemukan kebahagiaan mereka dengan cara-cara yang kreatif dan relevan dengan kondisi saat ini,” kata Sitaresti melalui keterangan tertulisnya dikutip dari guidebook, Senin 14 Maret 2022.

Berikut tips memasarkan bisnis dari TikTok saat bulan Ramadan.

Pertama, maknai berbagai momen kunci Ramadan dengan konten yang relevan. Berdasarkan TikTok mengenai Ramadan 2022, terdapat empat kategori konten yang menjadi inspirasi pengguna TikTok untuk memaknai kebersamaan Ramadan. yakni hiburan; tradisi memberi hadiah dan berbelanja; kebiasaan Ramadan; dan perayaan Lebaran.

Para pelaku bisnis bisa mendistribusikan konten-konten sesuai dengan momen-momen Ramadan. TikTok membagi momen kunci ini ke dalam tiga fase yaitu fase Persiapan, fase bulan Ramadan, dan fase Perayaan Lebaran.

Fase Persiapan, pebisnis retail bisa menghadirkan konten menyambut bulan suci dengan mengajak konsumen membersihkan rumah dengan tagar #bersihbersih.

Memasuki bulan Puasa, pebisnis fast moving consumer goods (FMCG) juga bisa menghadirkan konten mukbang berupa pengalaman virtual yang seru saat menyantap produk lezat sembari ngabuburit lewat tagar #bukabarenglagi.

Selanjutnya memasuki Hari Kemenangan, di mana konsumen merayakannya dengan bersilaturahmi dengan keluarga, pebisnis fashion bisa memberi inspirasi seputar konten mix and match outfit lebaran dengan koleksi terbaru produk mereka.

Kedua, bereksperimen dengan fitur dan ekosistem TikTok untuk perkaya konten Ramadan.

Mulai dari stiker, filter, dan musik spesial Ramadan, hingga fitur ‘Duet’ maupun ‘Stitch’ yang bisa memancing interaksi antara brand dengan pengguna.

Misalnya untuk pebisnis fintech, kreasikan konten bagi-bagi tunjangan hari raya (THR) secara virtual lewat fitur Duet dan tambahkan tagar THR #DapetApa di akhir video.

Sebagai secret ingredients menciptakan konten yang engaging, manfaatkan elemen penting ekosistem TikTok yaitu kreator konten untuk mengajak komunitas terlibat ke dalam kampanye Ramadan Anda.

Pilih kreator yang memiliki kesamaan value dengan bisnis Anda dan jangan ragu memberi ruang kreatif pada kreator untuk mengekspresikan sisi otentiknya, termasuk dalam mengkreasikan fitur kreatif TikTok agar video yang dihasilkan semakin engaging.

Ketiga, libatkan komunitas TikTok secara otentik untuk ramaikan konten Ramadan. Brand maupun UKM bisa mendistribsukan konten tersebut lewat beragam solusi yang tersedia di TikTok, mulai dari fitur Hashtag Challenge, Brand Takeovers, Top Views, In-feed Ads, hingga One Day Max Ads.(Fadhila)

Artikel ini telah dibaca 0 kali

badge-check

Reporter

Baca Lainnya

Air Bah di Objek Wisata Wera Telan Korban Jiwa

27 Februari 2024 - 14:59

Tenang.. Tarif Listrik untuk Maret 2024 Tetap Stabil, Ini Rinciannya

27 Februari 2024 - 12:13

Kerja Sama Antardaerah, Parimo Jadi Pemasok Beras Utama ke Kota Palu

26 Februari 2024 - 17:19

Mahasiswa dan Pelajar Kota Palu Deklarasikan Moderasi Beragama

26 Februari 2024 - 15:13

Parimo Jadi Daerah Penghasil Beras Terbesar di Sulteng, Mampu Memproduksi hingga 144 Ribu Ton dalam Setahun

26 Februari 2024 - 14:03

Tak Hanya Islam, Semua Agama Kini Bisa Menikah di KUA Mulai Tahun Ini

26 Februari 2024 - 05:08

Trending di Story