Tiga Terobosan Utama Cagub Sulteng Versi Pengamat, Mana yang Paling Menonjol?

waktu baca 2 menit
Debat perdana calon kepala daerah Sulawesi Tengah pada Rabu malam (16/10/2024). (Foto: YouTube KPU Sulawesi Tengah/Tangkapan layar)

LIKEIN, PALU – Prof. Dr. Slamet Riadi Cante, pengamat kebijakan publik dan pemerintahan dari Universitas Tadulako, menyoroti tiga terobosan unggulan yang disampaikan para kandidat dalam debat perdana calon Gubernur Sulawesi Tengah pada Rabu malam (16/10/2024).

Menurut Prof. Slamet, setiap kandidat memiliki program spesifik. Kandidat nomor urut 1, Ahmad Ali, mengusulkan program asuransi pertanian sebagai solusi untuk daerah rawan bencana seperti Sulawesi Tengah.

“Ini terobosan baru. Apalagi kita kan daerah rawan bencana. Asuransi ini penting untuk melindungi petani,” jelas Prof. Slamet, yang juga mantan Dekan FISIP Untad, kepada Likein.id, Kamis (17/10/2024).

Baca Juga :   Gunardi-Hamzah Beberkan Strategi Transformasi Tolitoli di Debat Perdana

Anwar Hafid, kandidat nomor urut 2, memprioritaskan pembangunan rumah sakit bertaraf internasional. Langkah ini dianggap penting untuk meningkatkan pelayanan kesehatan di Provinsi Sulawesi Tengah.

“Pelayanan kesehatan bukan hanya gratis, tapi benar-benar dilayani secara sistematis. Misalnya, orang bisa melahirkan di ambulans yang dilengkapi dengan fasilitas lengkap, seperti di Bantaeng, Sulawesi Selatan,” tambah Prof. Slamet.

Sementara itu, kandidat nomor urut 3, Rusdy Mastura, atau yang akrab disapa Cudi, menonjolkan visinya terkait pengembangan megalit di Sulawesi Tengah, yang dianggap sebagai salah satu program unggulannya. Menurut Prof. Slamet, program ini sudah berjalan dan hanya perlu ditingkatkan lebih lanjut.

Baca Juga :   MK Ubah Persyaratan Ambang Batas Pencalonan Pilkada, Partai Tanpa Kursi DPRD Kini Bisa Maju

“Program ini sudah dilaksanakan, tinggal ditingkatkan lebih lanjut,” ungkapnya.

Namun, Prof. Slamet juga menilai beberapa program lain, seperti BPJS Kesehatan dan pendidikan gratis, cenderung umum dan sering kali muncul dalam kampanye politik.

“Tiga terobosan ini—asuransi pertanian, rumah sakit internasional, dan pengembangan megalit—adalah terobosan yang paling menonjol,” pungkasnya. (Nasrullah/Inul)

Facebook Comments Box