Menu

Mode Gelap

Story

Simaleo Bergerak dan Kaledo Gratis Inovasi Program Dinas Dukcapil Kota Palu


					Kepala Dinas Dukcapil Kota Palu, Rosida Thalib. Foto : Ist Perbesar

Kepala Dinas Dukcapil Kota Palu, Rosida Thalib. Foto : Ist

LIKEIN, PALU – Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kota Palu, melakukan pelayanan keliling dengan Protokol Kesehatan di semua Kelurahan yang ada di Kota Palu.

Kepala Dinas Dukcapil Kota Palu, Rosida Thalib, menyampaikan, saat ini Dinas Dukcapil Kota Palu melakukan pelayanan jemput bola ke Kelurahan.

“Seperti penyerahan langsung akta kematian dan kartu keluarga perubahan status ke rumah duka, dan pencatatan perkawinan di rumah-rumah ibadah,” kata Rosida kepada Likein.id, Senin 31 Januari 2022.

Rosida menerangkan, selain pelayanan di seluruh kelurahan, Dinas Dukcapil juga melaksanakan keliling diberbagai sekolah yang ada di Kota Palu.

“Ada namanya inovasi Simaleo Bergerak yaitu, keliling kelurahan dan inovasi Kaledo Gratis yaitu keliling layanan sekolah gratis,” terangnya.

Pelayanan keliling yang dilaksanakan di Sekolah Menengah Atas (SMA) bisa dua sampai tiga hari, tergantung banyaknya siswa yang direkam.

“Khusus sekolah dilakukan perekaman pada usia enam belas tahun keatas agar di usia tujuh belas bisa mendapatkan Kartu Tanda Penduduk(KTP),” jelas Rosida.

Rosida juga mengatakan, pelayanannya juga bisa dilakukan secara online, lewat Whatsapp ataupun website Dukcapil.palukota.go.id. Namun apabila ada masyarakat yang tidak bisa melakukan secara online bisa juga dibantu oleh petugas dengan diadakannya pelayanan keliling.

“Ini berbeda dengan pelayanan Keliling sebelum pandemi Covid 19, kita tidak mengumpulkan masyarakat. Kita mengikuti Protokol kesehatan dimana tidak ada pengumpulan masyarakat,” pungkas Rosida.CR1/AJR

Artikel ini telah dibaca 4 kali

badge-check

Reporter

Baca Lainnya

Tenang.. Tarif Listrik untuk Maret 2024 Tetap Stabil, Ini Rinciannya

27 Februari 2024 - 12:13

Kerja Sama Antardaerah, Parimo Jadi Pemasok Beras Utama ke Kota Palu

26 Februari 2024 - 17:19

Mahasiswa dan Pelajar Kota Palu Deklarasikan Moderasi Beragama

26 Februari 2024 - 15:13

Parimo Jadi Daerah Penghasil Beras Terbesar di Sulteng, Mampu Memproduksi hingga 144 Ribu Ton dalam Setahun

26 Februari 2024 - 14:03

Tak Hanya Islam, Semua Agama Kini Bisa Menikah di KUA Mulai Tahun Ini

26 Februari 2024 - 05:08

Besok PSU di Kota Palu Digelar, Polresta Palu Kerahkan Ratusan Personel

23 Februari 2024 - 11:59

Trending di Story