Menu

Mode Gelap

Story

Seleksi Paskibraka Sulteng dan Nasional Dimulai, Apa Saja Penentu Kelulusannya?


					Potret seorang siswa mengikuti tes kesehatan Seleksi Paskibraka Provinsi Sulteng dan Nasional di Kantor Bakesbangpol Sulteng. (Foto: Inul/Likein.id) Perbesar

Potret seorang siswa mengikuti tes kesehatan Seleksi Paskibraka Provinsi Sulteng dan Nasional di Kantor Bakesbangpol Sulteng. (Foto: Inul/Likein.id)

LIKEIN, PALU – Seleksi Paskibraka Sulteng dan Nasional dimulai pada Kamis (4/5/2023) hingga Jumat (19/5/2023) di Kantor Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol) Sulteng, Jalan Tanjung Api No.7, Kelurahan Lolu Selatan, Kecamatan Palu Timur, Kota Palu.

Proses seleksi tersebut terdiri dari beberapa tes, di antaranya tes kesehatan, kesamaptaan, psikotes, ideologi wawasan kebangsaan (IWK), dan wawancara.

Kepala Bidang Ideologi dan Wasbang Bakesbangpol Sulteng, Kristo S. Tumakaka mengatakan, di antara rangkaian seleksi tersebut, tes IWK menjadi penentu utama kelulusan setelah tinggi badan dan kesehatan yang mumpuni.

Baca Juga :   Tampil Unik Cafe Bertema Kapal di Pantai Talise

“IWK itu betul-betul urgent. Biar dia sehat, biar dia jago baris berbaris, kalau nilai tes IWK-nya rendah, tidak gol. Karena itu kita tidak bisa intervensi sebab tesnya melalui aplikasi langsung dari pusat,” katanya saat ditemui Likein.id, Kamis (4/5/2023).

Provinsi Sulteng disebut bisa malu apabila mengirimkan anggota Paskibraka yang memiliki nilai IWK rendah ke tingkat nasional.

Olehnya itu, ia berpesan kepada ratusan siswa-siswi pilihan dari 12 kabupaten/kota se-Sulteng yang mengikuti seleksi Paskibraka ini untuk terus belajar tentang ideologi wawasan kebangsaan. Sebab nantinya anggota Paskibraka yang terpilih akan disiapkan menjadi Duta Pancasila.

Baca Juga :   Ini Tiga Wadah Baru Dinsos Kota Palu

Proses seleksi tersebut diikuti oleh 110 siswa-siswi pilihan dari 12 kabupaten/kota se-Sulteng. Hanya Donggala yang tidak mengirimkan perwakilannya.

Seorang peserta asal SMAN 1 Bungku Kabupaten Morowali, Farah Andisya mengaku jarak yang jauh menjadi kendala baginya saat mengikuti proses seleksi Paskibraka ini.

Meski begitu, dengan semangat yang tinggi ia berharap agar dapat lulus di Paskibraka tingkat nasional.

“Semoga bisa lulus di tingkat nasional,” tandasnya. (Inul/St)

Artikel ini telah dibaca 2 kali

badge-check

Reporter

Baca Lainnya

Air Bah di Objek Wisata Wera Telan Korban Jiwa

27 Februari 2024 - 14:59

Tenang.. Tarif Listrik untuk Maret 2024 Tetap Stabil, Ini Rinciannya

27 Februari 2024 - 12:13

Kerja Sama Antardaerah, Parimo Jadi Pemasok Beras Utama ke Kota Palu

26 Februari 2024 - 17:19

Mahasiswa dan Pelajar Kota Palu Deklarasikan Moderasi Beragama

26 Februari 2024 - 15:13

Parimo Jadi Daerah Penghasil Beras Terbesar di Sulteng, Mampu Memproduksi hingga 144 Ribu Ton dalam Setahun

26 Februari 2024 - 14:03

Tak Hanya Islam, Semua Agama Kini Bisa Menikah di KUA Mulai Tahun Ini

26 Februari 2024 - 05:08

Trending di Story