Sediakan Lahan 26,9 Hektare, Pemkab Sigi Bangun Huntap Satelit

waktu baca 2 menit
Wakil Bupati (Wabup) Sigi, Samuel Yansen Pongi, Foto : Angel/likein

LIKEIN, SIGI – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sigi, Sulawesi Tengah (Sulteng), menyiapkan lahan seluas 26,9 hektare untuk pembangunan Hunian Tetap (Huntap) permanen berbasis satelit (non kawasan), untuk memenuhi kebutuhan warga terdampak gempa.

Wakil Bupati Sigi, Samuel Yansen Pongi, mengatakan, dengan disegerakan pembagunan satelit ini menjadi tanggung jawab Pemkab Sigi guna pemulihan masyarakat yang teldampak bencana 2018 silam.

Baca Juga :   Ada 10 Ribu TKA di Sulteng Tak Bisa Bahasa Indonesia, Perusahaan Wajib Beri Pelatihan

“Memang yang paling kami utamakan itu dari aspek kebutuhan hunian mereka, kami juga sudah meyiapkan lahan untuk pembagunan hunian tetap permanen tahap ll,” kata Samuel kepada likein.id, pada Selasa 26 Juli 2022.

Samuel menjelaskan, untuk lahan seluas 26,9 hektare itu tersebar di beberapa titik yaitu di Desa Loru, Tuwa, Lambara, Salua, Desa Poi, Bangga, Sibalaya Utara dan Sibalaya Selatan.

“Dan untuk sementara lahan huntap satelit di Desa Rogo seluas dua hektare, yang akan di habiskan pembagunannya pada tahun ini,” jelasnya.

Ia menuturkan, Pemerintah Pusat melalui Pekerjaan Umum dan Perumahan (PUPR) bangun hunian tetap ll berjumlah 7.109 unit huntap bagi warga Kota Palu, Sigi dan Donggala.

Samuel berterima kasih kepada Pemerintah Pusat, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulteng, Satgas Penanggulagan Bencana yang bekerjasama sama untuk bersiap pemulihan masyarakat.

“Sekarang Pemkab Sigi telah menyelesaikan tender dan yang berkaitan dengan administrasi termasuk menyiapkan pembangunan seluas 26,9 hakter guna menunjang kelancaran dan percepatan pembangunan untuk tahap dua,” pungkasnya. (Angel/Fadhila)

Facebook Comments Box