Sebulan Jelang Hari Raya Kurban, Ratusan Sapi Asal Tolitoli Berlayar Ke Tarakan

waktu baca 1 menit
Sebanyak 137 ekor sapi dan 10 ekor kambing dari Tolitoli berlayar menuju Tarakan, Kalimantan Utara, pada Kamis (16/5/2024). (Foto: Balai Karantina Sulawesi Tengah)

LIKEIN, TOLITOLI – Sebanyak 137 ekor sapi dan 10 ekor kambing dari Tolitoli berlayar menuju Tarakan, Kalimantan Utara, untuk memenuhi kebutuhan daging menjelang hari raya Idul Adha 2024.

Faqih, yang bertanggung jawab atas karantina hewan ternak di Tolitoli, mengungkapkan bahwa permintaan untuk tindakan karantina sebelum keluarnya sapi dan kambing dari Tolitoli telah meningkat.

Baca Juga :   Duh, Tolitoli Masuk Urutan ke-9 Daerah Rawan Bencana se-Indonesia

“Permohonan untuk tindakan karantina pengeluaran sapi maupun kambing keluar dari Tolitoli mulai banyak dari biasanya,” ucap Faqih dalam keterangan yang diterima Likein.id, Sabtu (18/5/2024).

Tolitoli dikenal sebagai salah satu pemasok utama sapi dan kambing untuk wilayah Kalimantan Timur dan Utara.

Setelah melalui proses karantina yang ketat dan memenuhi persyaratan sertifikasi veteriner dari otoritas veteriner Sulawesi Tengah, hewan-hewan ini dapat dikirim ke Tarakan pada Kamis (16/5/2024).

“Sebulan jelang hari raya kurban lalulintas sapi dan kambing akan meningkat sehingga wajib dipastikan sehat dan dilengkapi sertifikat karantina,” tandasnya. (Inul)

Facebook Comments Box