Menu

Mode Gelap

Story

Saat FDP Bikin Pamor Air Terjun Saluopa Makin Sohor


					Air terjun Saluopa yang menjadi objek wisata yang juga dikunjungi wisatawan Festival Danau Poso, Kamis, 20 Oktober 2022. (Foto: Santo/ likein.id). Perbesar

Air terjun Saluopa yang menjadi objek wisata yang juga dikunjungi wisatawan Festival Danau Poso, Kamis, 20 Oktober 2022. (Foto: Santo/ likein.id).

LIKEIN, POSO – Festival Danau Poso (FDP) juga menjadi momentum kebangkitan objek wisata alam di Poso. Salah satunya air terjun Saluopa.

Air terjun Saluopa menjadi salah satu objek wisata alam yang tengah dikembangkan di Poso untuk lebih banyak menarik wisatawan. Tempat tersebut dalam penyelenggaraan FDP tahun 2022 juga dikenalkan.

Imbasnya langsung terasa, pagi hingga Kamis siang, 20 Oktober 2022, petugas pos jaga di Saluopa mencatat 100 pengunjung berwisata di lokasi itu. Padahal jumlah seperti itu sebelumnya hanya terjadi saat akhir pekan.

Baca Juga :   FDP akan Dijadikan Ikon Pariwisata Dunia

“Jumlah pengunjung naik dari hari-hari biasanya terutama kareba FDP,” ujar Sahrul, Koordinator Kebersihan dan Keamanan Wisata Air Terjun Saluopa, Kamis, 20 Oktober 2022.

Pantauan Likein.id di lokasi yang terletak di Desa Wera, Kecamatan Pamona Puselemba menunjukkan, di antara pengunjung terdapat wisatawan asing.

Dhasi, wisatawan asal Swiss di lokasi tersebut mengungkapkan kekaguman keindahan air terjun yang punya 12 tingkat tersebut.

“Saya baru pertama kali ini ke tempat ini. Dan kesan pertama, sangat indah,” tutur Dhasi.

Air terjun Saluopa adalah salah satu objek wisata yang sohor di pulau Sulawesi karena keindahan alamnya yang memukau wisatawan.

Air luncur Saluopa, sebutan lain tempat itu memiliki sumber mata air dari pegunungan setempat yang airnya meluncur deras dari puncak gunung dengan ketinggian sekitar 25 meter.

Baca Juga :   Festival Danau Poso Diharapkan jadi Agenda Wisata Nasional

Keunikan lainnya, setiap tingkatan air terjunnya membentuk kolam kecil yang dapat digunakan untuk berenang atau sekadar berendam, serta tangga batu yang tidak licin, sehingga dapat dipijaki untuk naik ke tingkat selanjutnya.

Jika beruntung, wisatawan dapat melihat pelangi yang muncul di antara air terjun dan jadi momen yang tepat berswafoto.

Akses untuk sampai ke lokasi air terjun Saluopa terbilang mudah, hanya berjarak sekitar 12 kilometer arah barat dari Tentena dan bisa ditempuh dengan kenderaan roda empat maupun roda dua. Sementara untuk sampai ke air terjunnya anda hanya cukup berjalan kaki sekitar 500 meter.

Artikel ini telah dibaca 1 kali

badge-check

Reporter

Baca Lainnya

Pemindahan ASN ke IKN: Setiap Pegawai Akan Dapat Hunian Apartemen, Kecuali yang Jomblo

18 April 2024 - 20:45

384 Jiwa Masih Mengungsi Akibat Banjir Bandang di Dolo Selatan

18 April 2024 - 17:13

Kata Cudy Soal Ekonomi, Kemiskinan, dan Pengangguran di Usia 60 Tahun Sulawesi Tengah

18 April 2024 - 15:03

Bandara Sam Ratulangi Tutup Sementara Akibat Erupsi Gunung Ruang, Penerbangan dari Cina Dialihkan ke Palu

18 April 2024 - 14:39

Lama Jadi Sengketa PT ANA, 282 Ha Lahan di Morowali Utara Akhirnya Kembali Jadi Milik Desa Bunta

18 April 2024 - 14:02

Ahmad Ali Kembalikan Formulir Pencalonan Gubernur Sulteng ke PDIP, Sebut Muharram Nurdin Layak Jadi Pasangan

17 April 2024 - 17:41

Trending di Story