Rusa di AS Terinfeksi Virus Varian Omicron

waktu baca 2 menit
Ilustrasi Rusa. Gersey Vargas/Unsplash

LIKEIN, PALU – Rusa ekor putih di Staten Island, New York, Amerika Serikat di laporkan terinfeksi Covid-19 varian Omicron.

Di kutip dari laman Channel News Asia, para peneliti yang di pimpin para ilmuwan Universitas Negeri Pennsylvania, menerangkan, bahwa ini merupakan penemuan pertama varian Omicron terdeteksi pada hewan liar.

Sampel usap hidung yang dari 131 rusa ekor putih di Staten Island, New York, hasilnya mengungkapkan bahwa hampir 15 persen memiliki antibodi virus dalam darah, sehingga para peneliti memperkirakan rusa tersebut telah terinfeksi Omicron sebelumnya.

Baca Juga :   Catat, Netflix Rilis Trailer Reboot Teletubbies Dengan Karakter Baru

Tes PCR dari 68 rusa juga mengungkapkan tujuh dari mereka terinfeksi secara aktif saat pengumpulan sampel.

Tes PCR juga mengungkapkan sampel virus dari tujuh ekor rusa memiliki pola mutasi yang sama dengan varian Omicron.

Para peneliti memperkirakan rusa tersebut terpapar virus dari manusia dan kemudian menularkannya ke rusa yang lain. Meskipun tidak ada bukti bahwa hewan menularkan virus ke manusia.

“Sirkulasi virus pada rusa memberikan untuk beradaptasi dan berkembang,” kata peneliti di Staten Island.

Sebelumnya, pada bulan Agustus 2021, pemerintah AS mengatakan menemukan kasus Covid-19 pertama di dunia pada rusa liar di Ohio, memperluas daftar hewan yang di ketahui telah di tes positif mengidap penyakit tersebut.

Temuan ini di dasarkan pada sampel yang di kumpulkan dari rusa beberapa bulan sebelum varian Omicron yang sangat bermutasi muncul untuk menggantikan varian Delta yang sebelumnya dominan pada orang-orang di negara-negara di seluruh dunia.

Pemerintah AS juga telah melaporkan Covid-19 pada hewan termasuk anjing.(FDL)

Facebook Comments Box