Puluhan Kejadian Banjir Melanda Sulteng Selama Juni, Banggai dan Parimo Alami Dampak Terparah

waktu baca 2 menit
Kejadian banjir di Desa Lalong, Kabupaten Banggai Kepulauan. (Foto: BPBD Sulteng)

LIKEIN, PALU – Hujan dengan intensitas tinggi telah menyebabkan sejumlah kejadian banjir di berbagai wilayah Sulawesi Tengah selama bulan Juni 2024.

Menurut data dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Sulteng, tercatat sebanyak 34 kejadian bencana tersebar di sepuluh kabupaten di Sulawesi Tengah, termasuk di antaranya Buol, Tolitoli, Donggala, Sigi, Parigi Moutong, Poso, Tojo Una-una, Banggai, Banggai Kepulauan, dan Banggai Laut.

Banggai menjadi salah satu daerah yang paling terdampak dengan delapan kejadian banjir di berbagai lokasi seperti Kelurahan Pagimana, Kelurahan Kilongan, Desa Padang, Desa Tuntung, Desa Tomeang, Kelurahan Kalaka, dan Desa Jaya Makmur.

Baca Juga :   Sulteng Kian Cuan! Ekonomi Kuartal II 2024 Peringkat ke-4 di Indonesia, Berapa Nilainya?

Di Parigi Moutong, tercatat tujuh kejadian bencana, termasuk banjir di Desa Eeya, Desa Sausu Torono, Desa Tindaki, Desa Tanalanto, Desa Singura, dan Kecamatan Tomini, serta Desa Sienjo yang mengalami banjir bandang.

Donggala juga mengalami empat kejadian bencana, termasuk banjir di Desa Saloya dan Desa Lumbutarombo, serta banjir bandang di Desa Dampal dan banjir dengan tanah longsor di Kecamatan Banawa Selatan.

Sementara itu, Sigi mencatat empat kejadian banjir, termasuk di Desa Salua, Desa Bangga, Desa Rejeki, dan Desa Tuva yang juga mengalami tanah longsor.

Di Banggai Kepulauan, terdapat tiga kejadian bencana, termasuk tanah longsor di Desa Mansamat A serta banjir di Desa Apal dan Desa Lalong.

Baca Juga :   5 Intruksi Hadianto ke BPBD Palu untuk Penguatan Mitigasi Bencana

Sementara di Banggai Laut, dua kejadian banjir melanda Kelurahan Lompio dan Desa Lampa yang juga disertai tanah longsor.

Tojo Una-una juga mengalami dua kejadian banjir di Desa Pusungi dan Desa Toliba.

Di Poso, satu kejadian banjir tercatat di Desa Meko, sementara di Buol, satu kejadian banjir terjadi di Desa Langudon, dan di Tolitoli, dua kejadian banjir melanda Kelurahan Batuilo dan Kecamatan Baolan.

Dari total 34 kejadian bencana tersebut, terdapat 28 kejadian banjir, 2 kejadian banjir bandang, 3 kejadian banjir beserta tanah longsor, dan 1 kejadian tanah longsor yang terjadi di Sulawesi Tengah selama bulan Juni 2024. (Inul)

Facebook Comments Box