Prabowo Akan Hapus Utang Petani dan Nelayan, Kebijakannya Sedang Disiapkan

waktu baca 2 menit
Presiden Prabowo Subianto dalam rapat perdana kabinet Merah-Putih di Jakarta, Rabu (23/10/2024). (Foto: @prabowo)

LIKEIN, JAKARTA – Wakil Ketua Dewan Pembina Partai Gerindra, Hashim Djojohadikusumo, mengungkapkan, Presiden Prabowo Subianto akan segera menghapus utang sekitar 6 juta petani dan nelayan. Langkah ini rencananya akan diresmikan melalui penerbitan Peraturan Presiden (Perpres) pada pekan depan.

Dalam sebuah dialog di Menara Kadin, Jakarta Selatan, Hashim menjelaskan, utang-utang tersebut selama ini menjadi penghalang bagi para petani dan nelayan untuk mengakses kredit dari perbankan.

Baca Juga :   Jokowi Tunjuk Prabowo Urus Lumbung Pangan RI

Utang mereka, yang berkisar antara Rp10 juta hingga Rp20 juta, disebut merupakan warisan dari krisis moneter 1998 hingga krisis ekonomi 2008.

“Ini mungkin minggu depan Pak Prabowo akan teken suatu perpres pemutihan. Sedang disiapkan Pak Supratman (Supratman Andi Agtas) menteri hukum, semua sesuai undang-undang,” kata Hashim, dikutip dari cnnindonesia.com, Kamis (24/10/2024).

Hashim menambahkan, meskipun utang-utang ini sudah lama dihapus bukukan oleh bank dan diganti oleh asuransi, hak tagih dari bank masih tetap ada.

Hal tersebut membuat banyak petani dan nelayan beralih ke rentenir atau layanan pinjaman online (pinjol).

“Mereka (pinjam) ke mana? Ke rentenir dan pinjol. Saya sampaikan ke Prabowo, ini harus diubah. Ini tahun lalu (2023 diketahui) dan Prabowo setuju (dihapus),” tambahnya.

Baca Juga :   Viral, Nelayan ini Jual Ikan Tangkapannya di Tengah Laut Karena Habis Bensin

Menurut Hashim, langkah penghapusan utang ini telah dibahas dengan tim ekonomi Prabowo dan diyakini tidak akan merusak ekosistem perbankan di Indonesia.

“Dengan kebijakan ini, lima juta-enam juta manusia dengan keluarganya akan dapat hidup baru, dan mereka dapat hak untuk pinjam lagi ke perbankan. Tidak akan ditutup SLIK-nya di Otoritas Jasa Keuangan (OJK),” pungkasnya. (Inul)

Facebook Comments Box