Pisang Goreng Indonesia Dinobatkan Sebagai Dessert Gorengan Terenak di Dunia

waktu baca 2 menit
Ilustrasi pisang goreng. Foto : Pixabay

LIKEIN, – Berdasarkan ulasan makanan ternama dari Taste Atlas yang baru saja dirilis, Pisang Goreng khas Indonesia dinobatkan sebagai dessert gorengan terenak di dunia.

Ulasan tersebut tercantum pada daftar ’50 Best Deep-Fried Dessert in the World’ atau 50 Makanan Penutup Gorengan Terbaik di Dunia.

Melansir dari situs Taste Atlas, Pisang Goreng memiliki rating 4.60, terbanyak dari berbagai makanan penutup di negara-negara lainnya.

“Pisang goreng atau pisang raja merupakan jajanan sehari-hari yang umum disantap di seluruh Indonesia,” tulis keterangan Taste Atlas, dikutip Kamis, 16 Februari 2023.

Baca Juga :   Ada Hantu-Hantu Wentira di Grand Mal Palu

Saking umumnya disantap, pisang goreng muncul dengan berbagai versi olahan, namun seragam cara masaknya, yakni dengan menggoreng buah pisang yang dilapisi adonan tepung.

Di Sulawesi Tengah misalnya, Pisang Goreng sering disantap menggunakan sambal. Berbeda dengan di daerah lain yang biasa disantap dengan keju, cokelat, hingga toping lainnya. Bahkan bisa pula dimakan langsung tanpa toping.

Taste Atlas mengakui, pisang goreng merupakan makanan tradisional yang dijual di warung pinggir jalan hingga gerobak dan termasuk dalam kelompok hidangan makanan ringan gorengan Indonesia.

Baca Juga :   Dear Angkatan Kerja di Sulteng, Kuasai Tiga Jurusan Ini Jika Tak Ingin Kalah Saing dengan TKA

Adapun makanan penutup terenak di urutan kedua adalah Quarkballchen atau Quark Balls dengan rating 4.50. Gorengan ini merupakan camilan tradisional Jerman berbentuk bola-bola kecil yang dilapisi gula bubuk, gula pasir, hingga campuran gula kayu manis.

Umumnya, Quarkballchen dinikmati sebagai camilan sore bersama secangkir teh atau kopi.

Sedangkan urutan ketiga yaitu makanan ringan Pastelitos Criollos yang berasal dari Argentina dengan rating 4.50. Camilan ini biasanya berbentuk bintang yang digoreng lalu dihiasi dengan taburan warna-warni. (Inul/St)

Facebook Comments Box