Pembangunan Mall Tatura Terkendala Anggaran, Begini Penjelasan Wali Kota Palu

waktu baca 2 menit
Mall Tatura Palu Sedang Dalam Proses Pembagunan Kembali Pasca Bencana. Foto: Likein

LIKEIN, PALU – Pemerintah Kota (Pemkot) Palu angkat bicara terkait pembangunan Mall Tatura yang tak kunjung selesai lantaran terkendala anggaran.

Wali Kota Palu Hadianto Rasyid, mengatakan pembangunan Mall Tatura saat ini masih berjalan, namun memiliki anggaran yang terbatas.

Pembangunan Mall katanya memakan biaya yang sangat besar sementara ketersediaan
anggaran pembangunan dari Pemkot Palu masih sangat minim.

“Investasi yang di butuhkan untuk pembangunan mol tatura itu cukup besar dan ketersediaan angaran Pemkot untuk bisa memberikan langsung itu sangat minim sekali,” katanya saat melakukan live lapor Wali kota di akun Instagram @hadiantorasyid pada Sabtu, 27 Agustus 2022.

Baca Juga :   Pelatihan Bahasa Asing dan Upaya Membentuk ASN yang Berkompetensi di Kota Palu

Lanjut Hadianto, sebagai solusinya Pemerintah perlu mencari investor yang akan berkolaborasi dan dapat saling menguntungkan.

Meski sebelumnya terdapat opsi dapat memperoleh pinjaman investasi dari Perbankan, namun kini kata Hadianto terdapat aturan berbeda.

“Karena aturan yang baru berjalan hari ini bahwa pinjaman yang boleh dilakukan oleh Pemerintah dalam hal ini menghitung masa jabatan yang tersisa,” jelasnya.

Sehingga, Pemkot Palu tak dapat memperoleh pinjaman dari perbankan untuk biaya pembangunan Mall Tatura karena masa jabatan yang tak lama lagi akan berakhir.

Baca Juga :   Saat Hadianto Minta Maaf Karena Lambat Antisipasi Sungai Palu yang Meluap

Ia juga menambahkan, saat ini Pemkot sedang berusaha mencari skema untuk memperoleh modal dari investor agar dapat menguntungkan kedua belah pihak, baik pemerintah maupun pihak investor.

“Jadi kami lebih berhati-hati kepada perusahaan swasta yang akan masuk, tetapi, kami terus berusaha untuk mencari jalan keluarnya dengan mengajak investor untuk bergabung tetapi dengan hitung-hitungan yang saling menguntungkan kedua belah pihak,” tambahnya. (Angel/Kn)

Facebook Comments Box