Pembangunan Kereta Cepat Jakarta-Bandung Pakai Mesin Canggih

waktu baca 1 menit
Ilustrasi kereta. Foto : Pexels

LIKEIN, PALU – Pembangunan kereta cepat yang menghubungkan Kota Jakarta dengan Bandung memakai mesin las canggih dari Negara China.

Proses pengelasan yang terjadi di proyek Kereta Cepat Jakarta Bandung (KCJB), mempunyai peralatan mesin super canggih yang bernama UN-200 dengan metode Flash Butt Welding.

Melansir dari postingan video YouTube Info Pagi, pada Jum’at 11 Februari 2022, mekanisme kerja dengan metode Flash Butt Welding ini yaitu, mesin memegang kedua rel yang dipanaskan pada suhu 1.300 derajat celcius, setelah panas, kemudian dipertemukan dan disambung.

Baca Juga :   Suku Cadang Motor Honda Alami Kenaikan Harga Di Awal Tahun

Operator mesin Flash Butt Welding harus memiliki sertifikat khusus dan dengan pengawasan ketat di setiap prosesnya.

Bukan hanya pengelasan, penyambungan rel KCJB merupakan rangkaian proses yang kompleks dengan menggunakan mesin khusus. Sehingga rel berkualitas hingga memiliki presisi tinggi.

“Dengan kecanggihan inilah, mesin UN-200 mampu memberikan kualitas sambungan yang konsisten pada setiap rel, hal ini karena Tukang Las mampu merekam perubahan tekanan dan suhu sambungan selama pemanasan juga pendinginan, serta mengidentifikasi sambungan secara otomatis,” ucap Info Pagi pada postingan video YouTube nya.

Stock Yard Rail rel sepanjang 500 meter ini, akan menghubungkan jakarta dan Bandung lebih dekat. (CR5/DDI)

Facebook Comments Box