Menu

Mode Gelap

Biz Like

Pantai Bololia Donggala Kekurangan Alat Kebersihan


					Pantai Bololia di Kabupaten Donggala, Sulawesi Tengah. Foto : Qadri/likein.id Perbesar

Pantai Bololia di Kabupaten Donggala, Sulawesi Tengah. Foto : Qadri/likein.id

LIKEIN, DONGGALA – Petugas kebersihan di pantai Bololia, Desa Limboro, Kecamatan Banawa Tengah, Kabupaten Donggala, Sulawesi Tengah, kekurangan alat pembersih. Pengunjung minta dinas terkait perhatikan tempat wisata tersebut.

Salah satu petugas yang sering membersihkan pantai Bololia Donggala, Lamu (45 tahun), mengatakan, dirinya selalu bersihkan pantai bersama tiga rekannya, dengan peralatan seadanya.

“Kami di sini selalu bersihkan kalau ada yang kotor, tapi kita lumayan sulit membersihkan karena peralatan hanya seadanya,” ucap Lamu kepada Likein.id, Minggu 20 Maret 2022.

Lamu mengatakan, upaya bersihankan pantak di lakukan agar pengunjung dapat menikmati tempat wisata itu tanpa terganggu pandangannya dengan sampah.

“Kalau tidak bersih, tidak mungkin pengunjung itu mau datang, seandainya ada kotoran hewan, ada tisu berserakan pasti pengunjunh tidak mau datang,” ujarnya.

Salah satu pengunjung, Fauziah Putri (21 tahun), menerangkan, bahwa pantai Bololia sangat menarik, namun kebersihannya masih kurang.

“Kita bisa lihat bersama, ini kebersihannya masih kurang dan mungkin karena pihak pengelolanya di sini juga kurang, jadi kebersihannya belum terlalu di perhatikan,” tuturnya.

Pengunjung lainnya, Putri angreani (22 tahun), mengatakan, tempatnya bagus, namun pemerintah harus memperhatikan fasilitas pada tempat wisata, terlebih air bersih.

“Untuk Dinas Pariwisata bisa lebih memerhatikan lagi fasilitas di tempat wisata ini apalagi air, di sini itu airnya sangat susah, mungkin bisa memfasilitasi supaya air bersih lebih mudah di dapatkan,” kata Putri.

Pengelola pantai, Roky (35 tahun), menuturkan, lebih pilih membeli air dari kota daripada mengharapkan air PDAM yang kerap mati berhari-hari di saat pengunjung membutuhkan air.

“Menurut saya, pesan air lebih bagus jelas dan sudah pasti ada, daripada air pipa, biasa tiga hari mati, tong tidak terisi, akhirnya pengunjung tidak punya air untuk bilas badan,” jelas Roky.(CR1/Fadhila)

Artikel ini telah dibaca 0 kali

badge-check

Reporter

Baca Lainnya

Kemenkumham Sulteng Ajak Warga Bangga Berwisata di Indonesia Saat Libur Lebaran

12 April 2024 - 21:03

Penetapan Hari Raya Idul Fitri 1445 H: Tinggi Hilal di Donggala 6 Derajat, Hari Lebaran Tepat Pada 10 April

9 April 2024 - 21:26

Gunardi AK Ditunjuk sebagai Bakal Calon Bupati Tolitoli dalam Pilkada 2024

8 April 2024 - 16:48

Anwar – Reny Mantap Maju Pilkada Sulteng, Daftar ke Partai dan Siapkan Program

7 April 2024 - 22:40

Ahmad Ali Menyerahkan Formulir Pendaftaran Calon Gubernur ke PKB, Siap Bertarung di Pilgub Sulteng 2024

7 April 2024 - 17:43

Program Mudik Gratis Partai NasDem Berlanjut, Ahmad Ali Melepas Ribuan Pemudik di Palu

7 April 2024 - 10:00

Trending di Biz Like