Micin Tidak Bahaya Bagi Kesehatan Otak ? Ini Faktanya

waktu baca 2 menit
Ilustrasi. Foto : Qadri/likein.id

LIKEIN, PALU – Micin atau dalam bahasa ilmiahnya Monosodium glutamate (MSG), disebut berbahaya bagi kesehatan otak. Namun, faktanya ternyata tidak. MSG merupakan asam amino alami dalam tubuh dan senyawa organik yang penting untuk fungsi tubuh.

Badan Pengawas Obat dan Makanan, The Food and Drug Administration (FDA), Amerika Serikat, mengklasifikasikan micin sebagai bahan makanan yang cenderung aman untuk digunakan.

Melansir dari laman resmi pom.go.id, Jum’at 25 Februari 2022, Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) menyatakan, bahwa di Indonesia juga belum mempunyai pernyataan bahwa micin berbahaya untuk dikonsumsi.

Baca Juga :   Mahasiswa UNS Lulus Sarjana Tanpa KKN dan Skripsi

“Belum ada pernyataan yang menyebutkan bahwa MSG bisa menjadi racun bagi manusia,” tulis BPOM pada laman resminya, 29 Maret 2021.

Melansir dari unggahan video kanal YouTube DB30 Health, pada Jum’at 25 Februari 2022, yang berjudul Apakah makan micin bikin bodoh?, mengatakan bahwa glutamat merupakan bahan yang ada pada makanan lainnya dan bahkan di produksi dalam tubuh manusia.

“Jadi glutamat ini sebenarnya juga kita dapatkan dalam tubuh kita, kemudian bahan-bahan makanan lainnya juga mengandung glutamat seperti tomat dan keju,” kata kanal YouTube DB30 Health pada videonya.

Secara garis besar, micin relatif aman di konsumsi jika di campur dengan makanan lainnya.

Namun, mengkonsumsi micin tanpa di campurkan pada makanan lain saat perut sedang kosong, dapat menyebabkan mual sementara.

“Jika di konsumsi berlebihan lebih dari tiga gram dalam keadaan perut kosong, maka dapat menyebabkan efek samping seperti nyeri kepala, mual, muntah, kemerahan dan sebagainya, tapi itu hanya bersifat sementara,” tutup kanal YouTube DB30 Health. (Cr6/Didi)

Facebook Comments Box