Merdeka Finansial, 52 Juta Pelajar Indonesia Sudah Punya Tabungan di Bank

waktu baca 1 menit
52,73 juta pelajar Indonesia sudah memiliki rekening tabungan di bank. (Foto: OJK Indonesia)

LIKEIN, JAKARTA – Pada Program Satu Rekening Satu Pelajar (KEJAR), Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mencatat sekitar 83,24 persen dari total pelajar di Indonesia atau 52,73 juta pelajar sudah memiliki rekening tabungan di bank.

Program yang terdiri dari Simpanan Pelajar (SimPel) dan Tabungan Anak itu memiliki total nilai simpanan mencapai Rp29,13 triliun.

“Dalam periode satu tahun sejak perayaan Hari Indonesia Menabung 2022 lalu hingga saat ini sudah ada tambahan 2,6 juta rekening dengan total angka tabungan Rp4 triliun,” kata Kepala Eksekutif Pengawas Perilaku Pelaku Usaha Jasa Keuangan, Edukasi dan Pelindungan Konsumen OJK, Friderica Widyasari Dewi dalam rilis pers, Senin (21/8/2023).

Baca Juga :   Tujuh Filosofi Logo Kemerdekaan Indonesia ke 77 Tahun

OJK terus berupaya mendorong aksi budaya menabung khususnya kepada generasi muda mengingat pentingnya membangun kemerdekaan finansial melalui tabungan.

Selain itu budaya menabung juga dapat meningkatkan inklusi keuangan dan perencanaan masa depan sekaligus bisa memperkuat pendanaan pembangunan.

Selama setahun OJK telah melakukan kegiatan edukasi dan sosialisasi sebanyak 51.975 kepada pelajar di 9.815 satuan pendidikan yang melibatkan perangkat sekolah, pemerintah daerah, dan perbankan.

Selain menabung dengan memanfaatkan Simpanan Pelajar (SimPel), generasi muda disebut juga bisa menabung dengan Simpanan Mahasiswa dan Pemuda (SiMuda). Dapat pula menabung di pasar modal dalam bentuk reksa dana dan saham, menabung emas di pergadaian, dan menabung di dana pensiun untuk perlindungan di hari tua. (Inul/St)

Facebook Comments Box