Menyoal Masalah Infrastruktur Daerah, Cudy dalam Debat Perdana: Saya Bingung Menjawab karena Sudah Laksanakan

waktu baca 2 menit
Pasangan calon gubernur dan wakil gubernur Sulawesi Tengah nomor urut 3, memaparkan solusi perbaikan infrastruktur daerah dalam debat perdana, Rabu (16/10/2024). (Foto: YouTube KPU Sulawesi Tengah/Tangkapan layar)

LIKEIN, PALU – Pasangan calon (paslon) gubernur dan wakil gubernur Sulawesi Tengah nomor urut 3, Rusdy Mastura dan Sulaiman Agusto, mendapat kesempatan untuk memaparkan strategi mereka terkait infrastruktur dalam debat perdana Pilkada 2024, pada Rabu malam (16/10/2024).

Menurut data Badan Pusat Statistik (BPS), jalan provinsi di Sulawesi Tengah dalam kondisi baik mencapai 60 persen pada tahun 2022 dan meningkat menjadi 65 persen pada tahun 2023. Meski ada perbaikan, akses jalan ke daerah pelosok disebut masih terbatas, sehingga menjadi tantangan utama untuk pemerataan pembangunan.

Baca Juga :   Gubernur Sulteng Hibahkan Belasan Mobil Ambulans dan Motor

Dalam debat tersebut, petahana Rusdy Mastura ditanya mengenai strategi akselerasi perbaikan infrastruktur jika terpilih.

“Saya bingung menjawab karena saya sudah laksanakan,” ujar petahana yang akrab disapa Cudy.

Ia menjelaskan bahwa selama tiga tahun kepemimpinannya, pendapatan daerah meningkat signifikan dari Rp900 miliar menjadi Rp2,3 triliun, yang digunakan untuk membangun jalan sepanjang 450 kilometer dan jalan desa sepanjang 360 kilometer.

“Kami merencanakan ke depan membangun jalan dari pantai timur ke pantai barat untuk bisa menunjang IKN,” tambahnya.

Baca Juga :   Peringatan Sumpah Pemuda di Wuasa Jadi Momentum Pemuda Sulteng Bangga Budaya

Cudy juga menyebutkan, anggaran APBD Sulawesi Tengah meningkat dari Rp3,3 triliun menjadi Rp6,2 triliun, memungkinkan pemerintahnya merencanakan pembangunan 10 jalur baru di wilayah ini.

“Sehingga ke depan, lima tahun ke depan tentu lebih banyak yang bisa saya bangun untuk jalan, sehingga jalan-jalan tengah ini sudah direncanakan 10 mata jalan yang saya akan buat,” pungkasnya. (Inul)

Facebook Comments Box