Mengenal Lebih Dekat Komunitas Nunchaku Indonesia di Kota Palu

waktu baca 2 menit
KOMUNITAS Beladiri Indonesia Nunchaku Club (INC) Region Palu. Foto : Didi/Likein

LIKEIN, PALU – Bagi kamu penggemar Bruce Lee, pastinya tau dengan alat beladiri andalan aktor asal hongkong tersebut, yakni Nunchaku.

Kini kamu bisa mempelajari alat beladiri nunchaku di Komunitas Beladiri Indonesia Nunchaku Club (INC) Region Kota Palu, Sulawesi Tengah.

Ketua Beladiri INC Palu, Ismail Syam (41), menerangkan,
di Kota Palu Komunitas INC berdiri pada awal tahun 2020.

“Awalnya saya cari info dari medsos. Saya temukan Indonesia Nunchaku Club (INC), yang berpusat di Jakarta,” terangnya, Minggu 23 Januari 2022.

Ismail juga baru mengetahui ternyata banyak komunitas dari nunchaku yang tersebar di beberapa daerah di Indonesia.

Baca Juga :   Yamaha di Palu Launching Motor Bertenaga

Kemudian ia dibantu seorang temannya bernama Sunardi, dan membentuk Komunitas Beladiri INC Region Kota Palu.

Dari informasi INC pusat (jakarta), INC pertama di Kota Palu diketahui sudah ada sejak tahun 2010. Namun sempat vakum. Komunitas INC Palu sebelumnya pun turut membantu dalam membentuk INC Region Palu, generasi kedua.

Ketua dari INC Palu itu menjelaskan, anggota dari komunitas INC Palu saat ini berjumlah 36 orang. Latihan dilakukan sebanyak tiga kali dalam seminggu.

“Anggota aktif sampai sekarang ada 36 orang, itu sudah dipangkas dari beberapa orang yang sebelumnya berjumlah 40 orang, latihannya tiga kali seminggu, tepatnya selasa, jum’at, dan minggu,” jelas Ketua INC Palu.

Aliran gerakan beladiri yang dipelajari di INC Palu, lebih menonjolkan freestyle yang di variasi dari berbagai macam gerakan.

Baca Juga :   Sebanyk 151 Siswa Ikuti Diktuba Polri di SPN Polda Sulteng

Ismail menambahkan, INC Palu sempat mengisi acara peringatan hari Aids Sedunia bulan kemarin, pada tanggal 1 Desember 2021, di Palu Grand Mall (PGM).

“Kita sempat isi kegiatan hari aids sedunia bulan kemarin di PGM, itu dikasih durasi lima menit untuk tampil,” ujarnya.

Ismail berharap, semoga komunitas nunchaku dipalu dapat berkembang seperti di daerah lain, dan bisa berpartisipasi di ajang kejuaraan nasional.

“Harapan saya ini bisa berkembang seperti di daerah-daerah lain, dan bisa ikut serta di ajang kejuaraan beladiri nunchaku nasional,” pungkasnya.CR4/AJR

Facebook Comments Box