Luwuk Masuk 10 Besar Kota dengan Inflasi Tertinggi di Indonesia, Kok?

waktu baca 1 menit
Ilustrasi statistik. (Foto: Pixabay)

LIKEIN, LUWUK – Kota Luwuk, Kabupaten Banggai masuk dalam 10 kota dengan inflasi tertinggi di Indonesia.

Badan Pusat Statistik mencatat inflasi tertinggi pada Maret 2023 terjadi di Kota Tual, Maluku mencapai 7,49 persen. Sedangkan Kota Luwuk sendiri berada di peringkat 7 se-Indonesia dengan nilai inflasi tahunan sebesar 6,69 persen.

Baca Juga :   Perempuan Mendominasi Dunia Profesional di Sulteng, Proporsinya Peringkat ke-10 Terbanyak di Indonesia

“Inflasi tahun kalender Kota Luwuk dari Desember 2022 hingga Maret 2023 sebesar 1,57 persen, sedangkan Inflasi tahun ke tahun dari Maret 2022 hingga Maret 2023 sebesar 6,69 persen,” Ketua Tim Statistik Harga BPS Sulteng, Henry Simanjuntak mengatakan, Senin (03/04/2023).

Inflasi di Kota Luwuk disebabkan oleh kenaikan indeks harga pada kelompok makanan, minuman, dan tembakau sebesar 2,01 persen, diikuti oleh kelompok transportasi 0,86 persen, kelompok perumahan, air, listrik, dan bahan bakar rumah tangga 0,41 persen, kelompok perawatan pribadi dan jasa lainnya 0,27 persen, dan kelompok perlengkapan, peralatan dan pemeliharaan rutin rumah tangga 0,04 persen.

Baca Juga :   Kepala SDN 6 Palu Senang Sekolahnya Jadi Tempat Launching Vaksin Anak

Sementara kelompok pakaian dan alas kaki, kelompok kesehatan, kelompok informasi, komunikasi, dan jasa keuangan, kelompok rekreasi, olahraga, dan budaya, kelompok pendidikan, dan kelompok penyediaan makanan dan minuman atau restoran terpantau relatif stabil. (Inul/St)

Facebook Comments Box