Lion Air Jadi Maskapai dengan Layanan Terburuk di Dunia, Kok Bisa?
LIKEIN, – Berdasarkan laporan The 2022 Airline Index yang dikeluarkan platform layanan travel Bounce, Lion Air berada di urutan pertama sebagai maskapai dengan layanan terburuk di dunia.
Corporate Communications Strategic of Lion Air Group, Danang Mandala Prihantoro mengatakan jika pihaknya mengucapkan terima kasih atas kritik serta masukan yang diberikan.
Lion Air disebut akan terus mengutamakan aspek keselamatan, keamanan hingga kenyamanan yang sesuai dengan standar protokol kesehatan.
“Lion Air mengucapkan terima kasih atas saran, kritik, masukan, berupa data, catatan serta bentuk lainnya dari berbagai pihak sebagai salah satu rekomendasi dalam mendukung perbaikan layanan dan operasional penerbangan,” ujarnya dalam keterangan tertulis, Minggu, 13 November 2022.
Dilansir dari Bounce, Lion Air memiliki tingkat kedatangan tepat waktu 42,27 persen. Artinya maskapai ini sering datang terlambat. Sementara tingkat pembatalan sebesar 34,4 persen atau sepertiga dari penerbangan Lion Air dibatalkan selama setahun terakhir.
Lion Air mendapat skor hanya 1/5 untuk makanan dan hiburan dalam pesawat, serta 2/5 untuk kenyamanan kursi dan layanan staf.
Oleh karena itu, pihak Lion Air akan terus berusaha untuk berbenah seperti meningkatkan level ketepatan waktu operasional terbaik dengan berbagai strategi yang akan diimplementasikan. Seperti sistem terstruktur dan berkesinambungan antara perawatan pesawat (maintenance), tim operasional serta keputusan yang cepat (quick action) guna menentukan rotasi baru apabila ada hambatan yang terjadi di lapangan (irregularities), dan guna mengurai dampak keterlambatan penerbangan. (Inul)