Ketua YLKI Palu : Jadi Konsumen Harus Cerdas dan Kritis
LIKEIN, PALU – Peringati Hari Konsumen Sedunia yang jatuh tanggal 15 Maret 2022, Ketua Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI) Kota Palu, Salman Hadianto meminta masyarakat untuk menjadi konsumen cerdas, kritis dan bertanggung jawab.
“Masyarakat harus bisa membedakan antara belanja kebutuhan dan keinginan,” ujar Salman, kepada likein.id, Selasa 15 Maret 2022.
Salman menerangkan, salah satu cara yang dapat di lakukan konsumen cerdas, adalah dengan melakukan perencanaan sebelum belanja.
“Masyarakat cenderung menghabiskan uangnya untuk membeli produk yang mereka inginkan, Namun, pada kenyataannya justru tidak begitu di butuhkan,” ucapnya.
Menurut Salman, konsumen harus lebih jeli, teliti serta bertanggung jawab. Sikap kritis seorang konsumen juga sangat di perlukan, untuk mengantisipasi agar tidak gampang di rugikan.
Olehnya, Salman meminta kepada masyarakat, jika merasa di rugikan agar secepatnya minta klarifikasi kepada pemilik usaha atau mengadu ke YLKI dalam penyelesaian permasalahan.
“Saya berharap masyarakat Kota Palu berani menyuarakan hak mereka dan menjadi konsumen yang cerdas, teliti, serta bertanggung jawab,” tegasnya.(CR9/Didi)