Menu

Mode Gelap

Story

Kepribadian Seseorang Berdasarkan Genre Musik, Simak Penjelasannya


					Ilustrasi fitur aplikasi musik dan earphone. Foto : Fadhila/Likein Perbesar

Ilustrasi fitur aplikasi musik dan earphone. Foto : Fadhila/Likein

LIKEIN, PALU – Beberapa penelitian menemukan bahwa genre musik yang paling sering didengarkan seseorang berkaitan erat dengan kepribadiannya.

Dilansir dari situs PsychCentral, Sabtu 12 Maret 2022, Penelitian yang dilakukan oleh Profesor Adrian North dari Heriot-Watt University, Edinburgh, Inggris. North adalah seorang ahli ilmu psikologi musik.

North telah melakukan survei terhadap lebih dari 36.000 orang dari 60 negara dengan selera musik yang berbeda-beda.

Selera musik tersebut kemudian dihubungkan dengan beberapa aspek kepribadian yang dimiliki oleh para responden.

Hasilnya jenis-jenis musik tertentu memang mewakili sebagian besar tipe karakter. Berikut ini yang telah dirangkum Likein.id dan penjelasannya:

1. Musik Pop Top 40

Suka lagu-lagu pop ringan yang selalu masuk Top 40 charts? Barangkali kamu termasuk tipe kepribadian yang satu ini, pekerja keras, suka bersosialisasi, lembut, dan tahu cara mencintai diri sendiri.

Tetapi sayangnya kamu tidak terlalu punya jiwa kreatif. Kamu juga agak sulit berpikiran rileks.

2. EDM

EDM, IDM, dubstep, atau trip hop termasuk genre musik yang paling sering diputar di akun Spotify milikmu? Sesuai dengan ritme-nya yang menghentak dan membangkitkan semangat, musik ini biasanya sengaja dipilih oleh orang-orang yang hobi berinteraksi dalam pergaulan dan punya kreativitas tinggi.

Baca Juga :   Ratusan Jemaah Haji Kloter I Medan Berangkat ke Tanah Suci, Gubernur Ingatkan Jaga Kesehatan

Tetapi biasanya para penggila musik dance juga kurang lembut. Orangnya cenderung lugas.

3. Musik Rap

Lagu-lagu rap memang terkenal karena lirik-liriknya yang lugas dan musiknya yang dinamis.

Kalau kamu juga hobi mendengarkan musik-musik bikinan para rapper mumpuni macam Eminem, Timbaland, Rich Brian, atau Drake, kemungkinan besar kamu adalah orang yang mudah bersosialisasi. Tapi kamu juga agak arogan, nih.

4. Musik Jazz

Kamu termasuk penggemar musik jazz? Rajin menonton event-event musik jazz paling akbar di Indonesia? Berarti kamu termasuk satu golongan dengan orang-orang kreatif yang tahu cara menghargai diri sendiri. Para penyuka musik jazz biasanya juga outgoing dan santai.

5. Musik Indie

Musik-musik dari aliran indie biasanya berciri non-mainstream.

Pecinta musik garapan band-band yang berkarya di luar label perusahaan musik ternama seperti ini biasanya memiliki kreativitas tinggi (dan berbeda).
Sayangnya mereka juga di anggap memiliki self respect yang relatif rendah, tidak terlalu pekerja keras, dan kurang sensitif.

6. Musik Klasik

Ternyata hobi mendengarkan melodi klasik gubahan maestro lama macam Beethoven, Bach, dan Mozart? Itu bukan berarti kamu punya selera tua, kok.

Menurut hasil penelitian ini, para penggemar musik klasik itu termasuk orang yang punya harga diri tinggi dan kreatif, tetapi memang sedikit introvert atau tertutup kepada lingkungan sekitarnya.

Baca Juga :   Pakaian Dalam Diserbu, Pedagang Pasar Manonda : Lebaran Harus Serba Baru

7. Musik Blues
Para pecinta musik blues umumnya memiliki lima karakteristik berikut ini, yaitu kreatif, mencintai diri sendiri (bukan narsis, ya), mudah bergaul, dan cenderung santai dalam menghadapi banyak hal.

8. Musik Rock

Biasanya musik rock di identikkan dengan kekerasan, depresi, drugs, dan hal-hal negatif lainnya. Tetapi tahukah kamu, ternyata hasil survei North menunjukkan kalau para pecinta genre musik ini justru memiliki kepribadian yang cukup sensitif.

Mereka umumnya punya jiwa kreatif dan selow, tetapi memiliki rasa bangga yang rendah terhadap diri sendiri, kurang suka bekerja keras, dan sedikit sulit bersosialisasi.

9. Musik Country

Musik yang berakar dari Nashville ini identik dengan gaya hidup western. Para pecinta jenis musik ini biasanya merupakan pribadi yang pekerja keras dan mudah bergaul.

10. Musik Reggae

Reggae, musik yang di populerkan oleh Bob Marley ini identik dengan Jamaika dan gaya hidup bebas. Para penggemar genre musik ini umumnya memiliki kreativitas tinggi, sensitif, santai, dan mudah bersosialisasi.

Tetapi mereka juga santai dalam menghadapi hidup dalam artian kurang pekerja keras.

Itulah analisis tipe-tipe kepribadian menurut selera musik sesuai dengan hasil penelitian Prof. Adrian North. Termasuk tipe yang manakah kamu? (Fadhila)

Artikel ini telah dibaca 1 kali

badge-check

Reporter

Baca Lainnya

Air Bah di Objek Wisata Wera Telan Korban Jiwa

27 Februari 2024 - 14:59

Tenang.. Tarif Listrik untuk Maret 2024 Tetap Stabil, Ini Rinciannya

27 Februari 2024 - 12:13

Kerja Sama Antardaerah, Parimo Jadi Pemasok Beras Utama ke Kota Palu

26 Februari 2024 - 17:19

Mahasiswa dan Pelajar Kota Palu Deklarasikan Moderasi Beragama

26 Februari 2024 - 15:13

Parimo Jadi Daerah Penghasil Beras Terbesar di Sulteng, Mampu Memproduksi hingga 144 Ribu Ton dalam Setahun

26 Februari 2024 - 14:03

Tak Hanya Islam, Semua Agama Kini Bisa Menikah di KUA Mulai Tahun Ini

26 Februari 2024 - 05:08

Trending di Story