Kandidat Pemilihan Walikota dan Wakil Walikota Palu 2024, Siapa yang Berjaya di Dunia Maya?

waktu baca 2 menit
Ilustrasi media sosial Instagram kandidat Pemilihan Walikota dan Wakil Walikota Palu 2024. (Foto: Shutterstock, ist)

LIKEIN, PALU – Persaingan politik dalam Pemilihan Walikota dan Wakil Walikota Palu 2024 kian memanas menjelang proses pendaftaran calon kepala daerah yang akan berlangsung dari 27 hingga 29 Agustus 2024.

Berbagai tokoh ternama mulai muncul, bersiap untuk memperebutkan kursi kepemimpinan Kota Palu. Di antara mereka, Hadianto Rasyid diperkirakan akan kembali maju.

Selain itu, Hidayat, Walikota Palu periode 2016-2021, juga menunjukkan minat untuk bertarung kembali.

Tidak ketinggalan, Muhammad Wartabone, mantan Anggota DPD periode 2019-2024, turut meramaikan bursa calon.

Selain bakal calon Walikota, sejumlah politisi juga dikabarkan akan mencalonkan diri sebagai Wakil Walikota Palu. Nama-nama seperti Imelda Liliana Muhidin dan Andi Nur Lamakarate mulai mencuat, menambah dinamika persaingan politik di Palu.

Dalam era digital saat ini, popularitas di media sosial telah menjadi indikator krusial dalam menilai pengaruh seorang calon dalam Pemilihan Walikota dan Wakil Walikota Palu 2024.

Baca Juga :   Top 5 Provinsi Paling Rawan di Pilkada 2024, Sulteng Termasuk

Platform seperti Instagram menjadi pusat perhatian, di mana Tim Likein.id telah memantau statistik akun-akun para bakal calon.

Data terbaru yang diperbarui hingga 16 Juli 2024 memberikan gambaran tentang jumlah pengikut, rata-rata jumlah suka per postingan, dan tingkat engagement dari setiap kandidat.

Analisis ini tidak hanya mencerminkan popularitas di ranah digital, tetapi juga potensi jangkauan dan pengaruh yang dapat dimiliki oleh masing-masing calon di mata pemilih.

Hadianto Rasyid menempati posisi teratas dengan 68,1 ribu pengikut di Instagram, rata-rata 2.172 tanda suka per kiriman, dan engagement rate sebesar 3,29 persen.

Di posisi kedua, Mujib Abdul Karim dengan akun Instagram @mujib_karim memiliki 3.293 pengikut, rata-rata 86 tanda suka per posting, dan engagement rate sebesar 2,78 persen.

Imelda Liliana Muhidin, yang dikabarkan akan menjadi Wakil Walikota, memiliki engagement rate sebesar 8,00 persen, dengan rata-rata 75 tanda suka per posting dari 1.795 pengikut.

Baca Juga :   Kominfo Ancam Blokir Google, Facebook, Whatsapp dan Instagram Bulan Depan

Gufran Ahmad, Ketua PBSI Sulteng dan Ketua Himpunan Pengusaha Reklame Sulteng, yang juga dikabarkan akan mencalonkan diri sebagai Walikota, memiliki 1.784 pengikut, rata-rata 17 tanda suka per posting, dan engagement rate sebesar 0,97 persen.

Andi Nur Lamakarate, bakal calon Wakil Walikota, memiliki 1.292 pengikut dan rata-rata 75 tanda suka per posting, dengan engagement rate sebesar 6,04 persen.

Hidayat, yang telah mengembalikan formulir ke Partai Gerindra, memiliki 840 pengikut di akun instagram @hidayattoamir, dengan rata-rata 17 tanda suka per posting, dan engagement rate sebesar 2,02 persen.

Terakhir, Buya H. Muhammad J. Wartabone dengan akun Instagram @muhammadjwartabone, memiliki 799 pengikut, rata-rata 25 tanda suka per posting, dan engagement rate sebesar 2,84 persen. (Nasrullah/Inul)

Facebook Comments Box