Ini Caranya Bayar Tagihan Listrik Melalui Handphone

waktu baca 2 menit
Ilustrasi bayar tagihan listrik melalui handphone. Foto : Bruce Mars/Unsplash

LIKEIN, PALU – Mengecek tagihan listrik Perusahaan Listrik Nasional (PLN), khususnya  bagi pelanggan postpaid atau pascabayar, kini sudah bisa melakukan melalui ponsel.

Masyarakat mendapat kemudahan untuk mengecek dan membayar tagihan listrik secara mandiri di aplikasi PLN Mobile. 

Dihimpun dari laman resmi PLN, www.pln.co.id, melalui aplikasi tersebut, pelanggan dapat mengecek dan melakukan pembayaran tagihan listrik pemakaian bulan sebelumnya.

“Para pelanggan kini tak perlu lagi menunggu petugas PLN mengirimkan tagihan secara manual, pelanggan bisa langsung mengakses PLN Mobile untuk mengecek tagihan listrik yang harus dibayar,” terang PLN.

Berdasarkan yang dirangkum likein.id, berikut langkah-langkah pengecekan tagihan listrik di PLN Mobile.

Cara mengecek tagihan yang harus dibayar, yaitu Pelanggan perlu mengunduh aplikasi PLN Mobile di smartphone.

Setelah berhasil mengunduh aplikasi PLN Mobile lalu lakukan login.

Apabila belum memiliki akun, pilih Daftar lalu isi nama lengkap, ID Pelanggan atau nomor meter, lokasi, nomor ponsel, e-mail aktif, dan password.

Setelah masuk ke dashboard akun, pilih tab Informasi yang berada di halaman depan.

Klik Informasi Tagihan dan Token Listrik, sistem akan menampilkan tagihan dan jumlah pemakaiannya serta riwayat tagihan.

Sementara untuk melakukan pembayaran, ada tiga pilihan menu yang dapat digunakan untuk melakukan pembayaran tagihan atau membeli token listrik.

1. Pilih menu Kelistrikan, lalu tekan ID Pel, yang akan dilakukan proses pembayaran rekening listrik. Menuju pada menu Pemberitahuan (untuk ID pelanggan pascabayar yang telah didaftarkan pada akun PLN Mobile).

2. Pilih Menu Token dan Pembayaran, masukkan Nomor ID pelanggan yang akan dilakukan pembayaran (apabila belum terdaftar pada akun PLN Mobile). Tekan ID pelanggan yang akan dilakukan pembayaran (apabila sudah terdaftar pada akun PLN Mobile).

3. Menuju pada fitur Pemberitahuan, apabila pelanggan telah mendaftarkan ID Pelanggan pada PLN Mobile akan tertampil pemberitahuan antara lain salah satunya Tagihan Listrik (pascabayar). Setelah itu, pelanggan akan ditujukan untuk melakukan pembayaran.

Caranya adalah, akan tampil daftar tagihan, kemudian pilih tagihan yang terbit, dan tekan PILIH TAGIHAN.

Akan muncul detail tagihan pilih LANJUTKAN PEMBAYARAN.

Setelah muncul halaman pembayaran, pelanggan dapat memilih metode pembayaran dengan cara pilih GANTI METODE PEMBAYARAN.

Apabila sudah memilih metode pembayaran, pilih BAYAR.

Akan tampil Batas Waktu Pembayaran, selesaikan pembayaran, apabila telah selesai, pilih LIHAT TRANSAKSI SAYA, akan terhubung ke halaman riwayat transaksi. Pelanggan akan menerima notifikasinya lewat handphone, selamat mencoba. (CR4)/AJR

Facebook Comments Box