Hari Pertama di Istana IKN, Jokowi: Tidur Tidak Nyenyak

waktu baca 2 menit
Jokowi di kantor presiden IKN, Kalimantan Timur. (Foto: Muchlis Jr - Biro Pers Sekretariat Presiden)

LIKEIN, KALTIM – Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah memulai aktivitasnya di Kantor Presiden Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan Timur, dengan serangkaian agenda penting dan inspeksi progres pembangunan.

Presiden Jokowi menceritakan pengalamannya menginap untuk pertama kalinya di Istana Kepresidenan IKN, Kabupaten Penajam Paser Utara. Ia mengakui bahwa malam pertamanya tidak begitu nyenyak.

“Tidak nyenyak, saya ngomong apa adanya. Ya mungkin karena ini pertama kali saja,” ungkap Jokowi kepada wartawan di Kantor Presiden IKN, Senin (29/7/2024), seperti dilaporkan oleh katadata.co.id.

Meskipun demikian, Jokowi menyebutkan bahwa fasilitas penunjang di Istana Kepresidenan, seperti air minum, listrik, dan jaringan internet, sudah berfungsi dengan baik.

Baca Juga :   Mengukur Kemampuan Literasi di Sulteng Pasca Bencana, Sudah Merdeka?

“Tidak ada masalah. Air melimpah, listrik oke, internet bagus,” tambahnya.

Kunjungan kerja kali ini juga bertujuan untuk mengawasi perkembangan pembangunan Istana Kepresidenan IKN menjelang upacara Hari Ulang Tahun ke-79 Kemerdekaan Indonesia pada 17 Agustus mendatang.

Dalam pernyataannya, Jokowi mengungkapkan bahwa kantor Presiden belum sepenuhnya rampung dan masih dalam tahap penyelesaian akhir.

Ribuan pekerja terus berupaya menyelesaikan setiap detail agar gedung dapat segera digunakan sepenuhnya.

“Ya kalau berkantor ‘soft ngantor’ lah karena lewat ini juga pekerja,” kata Jokowi, dikutip dari Antara.

Jokowi menjelaskan bahwa kehadirannya sering kali membuat aktivitas pekerja terhenti sementara akibat protokol keamanan dari Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres).

Namun, ia berusaha seminimal mungkin mengganggu pekerjaan yang sedang berlangsung.

“Ke sananya itu lewat orang bekerja, nanti berhenti semua. Paspampres itu, maksud saya yang kerja biar kerja, saya lewat aja tidak bisa,” jelas Jokowi.

Baca Juga :   BNN : Narkoba Tidak Ada di Kota Palu

Pada hari pertama berkantor di IKN, Presiden Jokowi mengadakan rapat dengan Otorita IKN dan jajaran Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kalimantan Timur. Jokowi dijadwalkan berada di IKN hingga Rabu, (31/7/2024).

Sejak Minggu (28/7/2024), Presiden Jokowi telah melakukan berbagai aktivitas di Ibu Kota Nusantara.

Dalam kunjungannya, ia ditemani beberapa influencer untuk meninjau pembangunan jalan tol IKN dengan konvoi sepeda motor.

Selain itu, Jokowi juga meresmikan Jembatan Pulau Balang di Kabupaten Penajam Paser Utara dan melihat progres pembangunan Istana Kepresidenan IKN. Kegiatan hari itu diakhiri dengan makan malam di kawasan glamping IKN. (Inul)

Facebook Comments Box