Donggala Peringkat ke-5 Jalan Rusak Terbanyak di Sulteng, Kok?

waktu baca 1 menit
Nampak jalan rusak di Desa Toaya, Kecamatan Sindue, Kabupaten Donggala. Foto : Sadam/Likein

LIKEIN, DONGGALA – Data BPS Sulteng menempatkan Donggala sebagai daerah dengan jumlah jalan rusak terbanyak ke-5 di Sulteng. Beberapa faktor disebut menjadi sebabnya.

Statistik Perhubungan yang dirilis tahun 2021 oleh BPS Sulteng mencatat, 27,64 persen jalan di Kabupaten Donggala berstatus rusak dan 48,21 persen berstatus rusak berat. Jumah itu membuat kabupaten yang berbatasan dengan Kota Palu tersebut berada di urutan ke-5 sebagai wilayah dengan jalan rusak terbanyak di Sulteng.

Baca Juga :   Keren, Satelit Nano Pertama Karya Anak Bangsa Resmi Meluncur ke Orbit

Menanggapi itu Wakil Bupati Donggala, Mohamad Yasin, menyebut faktor alam dan kontur wilayah yang didominasi pegunungan jadi penyebab utama jalan mudah rusak.

“Ini adalah wilayah berkaitan juga dengan soal kontur tanah, tentu ini juga dampak dari alam itu sendiri,” katanya kepada Likein.id, Rabu, 12 Oktober 2022.

Upaya perbaikan secara berkala kata Yasin terus dilakukan pihaknya untuk meningkatkan akses terhadap transportasi masyarakat, terutama di daerah-daerah terpencil.

Sementara itu berdasarkan data BPS tersebut, jalan rusak terbanyak di Sulteng di urutan pertama ditempati Kabupaten Poso dengan total 35,89 persen, disusul Kabupaten Banggai Kepulauan 34,94 persen, Kabupaten Morowali Utara 34,71 persen, dan Kabupaten Buol 32,19 persen. (Inul)

Facebook Comments Box