Cek Syarat Terbaru Naik Kapal Laut Pelni

waktu baca 2 menit
Ilustrasi Kapal Laut. Foto : Pelni

LIKEIN, PALU – PT Pelayaran Nasional Indonesia (Persero) atau Pelni mengumumkan ketentuan dan syarat perjalanan terbaru dengan menggunakan kapal laut sejalan dengan perkembangan kasus Covid-19.

Kepala Cabang PT.Pelni Cabang Palu, Ismed Mulyadi, menerangkan, ketentuan ini sesuai dengan Surat Edaran  (SE) Kementerian Perhubungan Nomor 37 Tahun 2022 tentang pertunjukan pelaksanaan perjalanan orang dalam negeri dengan transportasi laut pada pandemi Covid-19.

“Ketentuan perjalanan ini sudah berlaku sejak 2 April 2022 lalu,”ucap Ismed, Selasa 12 April 2022.

Berikut syarat terbaru untuk perjalanan dari dan atau ke pelabuhan di seluruh wilayah Indonesia naik kapal laut dari Pelni.

1. Bagi calon penumpang kapal laut yang telah mendapatkan vaksin dosis ketiga (Vaksin Booster) tidak diwajibkan menunjukkan hasil negatif tes swab PCR atau Rapid Antigen.

2.  Bagi calon penumpang kapal laut dengan vaksin dosis kedua, wajib menunjukkan hasil rapid antigen (1×24 jam) atau Swab PCR (3×24 jam) sebelum keberangkatan kapal.

3.  Bagi calon penumpang kapal laut yang baru melakukan vaksin dosis pertama wajib menunjukkan hasil tes Sweb PCR (3×24 jam) sebelum keberangkatan kapal.

4. Bagi calon penumpang dengan kondisi kesehatan kasus/komorbid yang tidak dapat menerima vaksin, wajib menunjukkan surat keterangan dokter dari rumah sakit pemerintah dan menunjukkan hasil Swab PCR (3×24 jam) sebelum keberangkatan kapal.

5. Bagi calon penumpang usia 6 tahun ke bawah tidak wajib melampirkan persyaratan yang ditetapkan di atas dengan catatan wajib dengan pendamping perjalanan yang telah memenuhi ketentuan yang telah ditetapkan.

6. Pembelian tiket kapal penumpang menggunakan pembayaran non tunai, pembayaran hanya menggunakan kartu ATM debit/kredit.(Angel)

Facebook Comments Box