Angin Segar, Arab Saudi Akhiri Pembatasan Covid-19

waktu baca 2 menit
Ilustrasi. Foto : Qadri/likein.id

LIKEIN, ARAB SAUDI – Pemerintah Arab Saudi akhiri semua pembatasan Covid-19, termasuk jarak sosial dan penggunaan masker di luar ruangan. Hal Ini merupakan angin segar untuk calon jemaah Umrah atau Haji.

Keputusan itu juga ikut mengakhiri pembatasan sosial di dua masjid yaitu Masjidil Haram dan Masjid Nabawi. Namun, jamaah masih harus memakai masker.

Melansir laman Saudi Gazzette, Minggu 6 Maret 2022, Keputusan itu resmi diumumkan oleh Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Arab Saudi, pada Sabtu 5 Maret 2022.

Baca Juga :   Akses Layanan Publik Masih Dikeluhan Difabel Kota Palu

“Keputusan ini menangguhkan langkah-langkah jarak sosial di semua tempat, kegiatan dan acara tertutup juga terbuka,” tulis Saudi Gazette.

Penggunaan masker juga sudah tidak diwajibkan lagi untuk memakai di tempat terbuka, tetapi hanya dalam ruangan.

Selain itu, negara tersebut tidak akan mewajibkan lagi para turis untuk menjalani karantina Covid-19, ketika hendak datang ke kerajaan. Mereka malah memberi asuransi perawatan bagi yang terinfeksi.

“Semua kedatangan ke kerajaan dengan visa kunjungan, dari semua jenis diperlukan untuk mendapat asuransi yang mencakup biaya perawatan dari infeksi virus Covid-19,” jelasnya.

Penumpang juga tidak perlu lagi memberikan tes PCR saat datang ke Arab Saudi.

Kerajaan juga mencabut penangguhan penerbangan langsung dan kedatangan, untuk kerajaan dari negara-negara seperti Afrika Selatan, Namibia, Botswana, Zimbabwe, Lesotho, Eswatini, Mozambik, Malawi, Mauritius, Zambia, Madagaskar, Angola, Seychelles, Republik Bersatu Komoro, Nigeria, Ethiopia dan Afghanistan.

Tindakan yang diambil oleh Kemendagri Arab Saudi, tidak lain adalah evaluasi berkelanjutan dari otoritas kesehatan yang berkompeten di kerajaan, sesuai perkembangan kondisi epidemiologi. (Didi)

Facebook Comments Box