Ada Kompensasi Bagi Pelanggan PLN di Sulteng yang Terdampak Pemadaman Listrik
LIKEIN, PALU – Menyusul pemadaman listrik bergilir yang masih terjadi di 9 wilayah interkoneksi sistem kelistrikan di Sulawesi Tengah, PLN akhirnya mengeluarkan kebijakan kompensasi bagi pelanggan terdampak.
Pihak PLN Unit Induk Distribusi (UID) Suluttenggo menyatakan pemberian kompensasi itu merupakan upaya pelayanan maksimal bagi pelanggan PLN.
Kompensasi secara bertahap itu akan diberikan kepada pelanggan yang ada di wilayah kerja Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Palu yang terbagi di 9 wilayah interkoneksi sistem Sulbagsel, yaitu Unit Layanan Pelanggan (ULP) Parigi, Tawaeli, Palu Kota, Kamonji, Donggala, Tambu, Tentena, Kolonedale, dan Poso.
Bagi pelanggan pascabayar, kompensasi tersebut akan tersalurkan secara otomatis saat pembayaran tagihan. Khusus pelanggan prabayar akan mendapatkan token kompensasi saat melakukan pembelian token terbaru. Cara mengeceknya bisa dilakukan dengan dua cara, yaitu dicek di bagian paling bawah slip pembelian token. Selanjutnya, nomor token tersebut dapat diinput pelanggan prabayar di kWh meternya untuk mendapatkan penambahan kWh kompensasi.
Pengecekan kompensasi juga dapat melalui Aplikasi PLN Mobile, dengan cara :
1. Buka Aplikasi PLN Mobile
2. Klik layanan Kelistrikan pada Aplikasi PLN Mobile
3. Pilih No. ID Pelanggan Yang Dimiliki
4. Pilih Riwayat Pembelian Token
5. Input No Token Kompensasi Yang Tertera Pada Struk Pembelian Token.
Bantuan kompensasi Tingkat Mutu Pelayanan (TMP) yang diberikan adalah untuk Tarif Subsidi dan Adjustment sebesar 20 persen dan 35 persen.
“Tentu saja pelayanan terbaik harus kami berikan khususnya bagi seluruh pelanggan setia kami yang adalah masyarakat Indonesia, untuk itu skema pemberian kompensasi ini harus diberikan,” ujar General Manajer PLN UID Suluttenggo, Ari Dartomo Dartomo, Selasa (5/12/2023). (Santo)