10 Mahasiswa UIN Datokarama Palu Berpeluang Raih Beasiswa Baznas, Bakal Dapat Rp3 Juta per Semester

waktu baca 2 menit
Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan UIN Datokarama, Faisal Attamimi saat mewawancarai salah satu mahasiswa terkait perekrutan penerima beasiswa Baznas Tahun 2024. (Foto: Humas UIN)

LIKEIN, PALU – Di tengah tantangan biaya pendidikan yang terus meningkat, dukungan dari Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) bagi mahasiswa Universitas Islam Negeri (UIN) Datokarama Palu mampu meringankan beban mahasiswa.

Pada tahun 2024, Baznas memberikan beasiswa pendidikan kepada 10 mahasiswa UIN Datokarama Palu. Setiap penerima beasiswa akan mendapatkan Rp3 juta per semester selama tiga semester, dimulai dari semester lima hingga delapan untuk jenjang strata satu.

Namun, mendapatkan beasiswa ini tidak semudah membalikkan telapak tangan. Para mahasiswa harus melalui beberapa tahapan seleksi yang ketat.

Baca Juga :   Kemenkeu Siapkan Kuota Beasiswa LPDP Untuk 3.256 Mahasiswa di 2023, Ini Syaratnya

Pertama, mereka harus mendaftar dan mengikuti prosedur yang telah ditetapkan, termasuk pemeriksaan berkas administrasi dan wawancara.

Dari 75 mahasiswa yang mendaftar, 65 orang berhasil melewati tahap seleksi berkas dan melanjutkan ke tahap wawancara pada 16 hingga 17 Agustus 2024.

“Saat ini, masa sanggah mulai tanggal 18 hingga 31 Agustus 2024. Selanjutnya hasil wawancara dikirim ke Baznas Pusat melalui sistem. Baznas Pusat yang menentukan 10 mahasiswa yang dinyatakan layak menerima beasiswa,” jelas Faisal Attamimi, Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan UIN Datokarama Palu, Rabu (21/8/2024).

Doktor Faisal menekankan pentingnya penggunaan beasiswa ini dengan bijaksana, yakni untuk kepentingan perkuliahan.

Baca Juga :   Tidak Lakukan Registrasi Kembali, 500 Maba UIN Palu Ikut PBAK Tahun Depan

“Beasiswa tersebut dalam bentuk biaya Uang Kuliah Tunggal (UKT), maka mahasiswa yang mendapat beasiswa tersebut agar memprioritaskan uang kuliah tunggal,” tuturnya.

Kerja sama antara UIN Datokarama Palu dan Baznas dalam hal beasiswa ini telah dimulai sejak 2021. Pada tahun tersebut, sebanyak 10 mahasiswa menerima bantuan.

Lalu pada tahun 2022 juga terdapat 10 penerima, dan meningkat menjadi 12 penerima pada tahun 2023. Tahun ini, Baznas kembali memberikan bantuan kepada 10 mahasiswa. (Inul)

Facebook Comments Box