Harga Migor Kemasan di Tolitoli Turun Jadi 19 Ribu Per Liter

waktu baca 2 menit
Minyak goreng. Foto : likein.id

LIKEIN, TOLITOLI – Dinas Perdagangan (Disdag) Kabupaten Tolitoli menyebut harga minyak goreng (migor) kemasan premium kini makin murah. K

ini harga migor premium di tingkat pedagang retail turun dari Rp52 ribu menjadi Rp39 ribu untuk kemasan 2 liter atau sekitar Rp19 ribu per liternya.

“Minyak premium itu kemarin di toko retail modern dia di harga 39 ribu per 2 liter, sebelumnya 52 ribu,”

terang Sub Koordinator Distribusi dan Logistik Perdagangan Disdag Tolitoli, Zulkifli kepada Likein.id, Senin, 11 Juli 2022.

Baca Juga :   Dominasi Sumber Air Minum di Sulteng, Tolitoli Masih Andalkan Air Hujan

Katanya, penurunan harga ini berkaitan dengan turunnya harga minyak sawit mentah (CPO) dan program minyak kemasan sederhana (minyakita) oleh Mentri Perdagangan.

“Salah satunya karena ada program minyakita yang telah launching pada tanggal 6 juli 2022 oleh Menteri Perdagangan RI zulkifli Hasan,” kata Zulkifli.

Di Tolitoli, harga minyak curah di kalangan distributor juga turun dan harganya telah sesuai dengan Harga Ecer Tertinggi (HET), namun di pasar tradisional tidak berada di angka tersebut.

“Di pasar kita pantau harga migor kisaran Rp18 ribu sampai Rp20 ribu, namun harga migor curah dari agen dan distributor telah sesuai dengan harga HETnya,” tambahnya.

Baca Juga :   Gunardi AK Dorong Optimalisasi Potensi Cengkeh Tolitoli: Dari Bahan Mentah hingga Produk Bernilai Tambah

Beberapa waktu lalu, kata Zulkifli, terdapat pengecer minyak curah luar daerah yang tidak mengikuti alur pasar sehingga tidak dapat terpantau oleh Pemerintah.

Akibatnya, sang pelaku mendapatkan teguran dan disarankan untuk tidak berdagang di wilayah Tolitoli.

“Kalau minyak curah kita pernah teguran tertulis ke pengecer minyak curah yang dari luar daerah, itu kita berikan teguran dan disarankan keluar dari Tolitoli,” pungkasnya. (Qadri/Kn)

Facebook Comments Box