Tanaman Sorgum Berhasil Berkembang di Tolitoli

waktu baca 2 menit
Kepala Dinas Tanaman Pangan, Holtikultura dan Perkebunan Sulteng, Nelson Metubun, Foto : Sadam/likein

LIKEIN, PALU – Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura dan Perkebunan, Provinsi Sulawesi Tengah (Sulteng), berkoordinasi kepada Pemerintah Pusat guna melaporkan salah satu Area di Kabupaten Toli-toli berhasil tumbuh kembangkan tanaman Sorgum.

Kepala Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura dan Perkebunan Sulteng, Nelson Metubun, mengatakan, terdapat Yayasan di Toli-toli yang berhasil menumbuh kembangkan tanaman Sorgum dengan hasil yang baik.

“Kami melakukan pendampingan terhadap para petani untuk melakukan uji coba tanaman Sorgum,” ujarnya kepada Likein.id, Senin 13 Juni 2022.

Nelson mengungkapkan, terdapat beberapa tempat menjadi uji coba tanaman Sorgum di Sulteng, merupakan komoditi ketahanan nasional sebab hasil melimpah dari tanaman ini merupakan pengsisi stok cadangan sewaktu di butuhkan.

“Sorgum merupakan tanaman alternatif bagi pelaku usaha dan pertanian dan kami sudah lakukan pendampingan dan uji coba di lahan yang tersebar di Sulteng,” ungkapnya.

Ia menjelaskan, pihaknya menganalisis upaya pemanfaatan tanaman Sorgum terkait langkah-langkah namun uji coba tersebut melihat hasil dari kinerja petani.

“Kita tidak bisa memaksakan bahwa Padi di ganti dengan Sorgum karena jenis tanaman ini masih baru,” jelasnya.

Nelson menambahkan, apabila petani mampu mengembangkan tanaman Sorgum tersebut maka Ekspor kedepan sangat berpotensi besar yang jelas tanaman ini sangat bagus sekali untuk cadangan kita jika terjadi bencana.

“Provinsi Sulteng akan menjadi penyangga daerah pangan di Ibu Kota Negara (IKN) hal ini sesuai dengan visi misi Pemerintah Daerah (Pemda) Sulteng,” tambah Nelson.(Cr3/Fadhila)

Facebook Comments Box