Serentak, Kemenkes Deteksi Dini PTM ke Seluruh Pegawai

waktu baca 1 menit
Ilustrasi. Foto : Pixabay

LIKEIN, JAKARTA – Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Republik Indonesia (RI), mendeteksi dini Penyakit Tidak Menular (PTM) kepada seluruh pegawai di halaman Unit Pelayanan Kesehatan, Kemenkes, Jakarta. Hal ini serentak dilakukan ke seluruh Indonesia.

Dikutip dari akun resmi @Kementerian Kesehatan RI, Sabtu, 21 Mei 2022, Penasihat Dharma Wanita Persatuan Kemenkes, Ida Gunadi Sadikin, mengatakan PTM dapat dicegah dengan menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat di masyarakat dan gerakan masyarakat hidup sehat.

Baca Juga :   Polisi Tangkap Basah Pengedar Sabu di Tolitoli Saat Kendarai Motor

“Saya berharap agar pelaksanaan kegiatan deteksi dini penyakit tidak menular ini menjadi langkah penting dalam mengenali tanda dan gejala PTM,” kata Ida, Kamis 19 Mei 2022.

Plt. Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Tidak Menular, dr. Evieda Sariwati, mengharapkan bahwa, deteksi dini dapat tingkatkan kesadaran dan pemahaman akan pentingnya PTM.

“Deteksi dini penyakit tidak menular akan dilaksanakan serentak di Indonesia yang bertujuan untuk percepatan pencapaian deteksi dini,” katanya di gedung Kemenkes.

Perlu diketahui, pemeriksaan yang dilakukan adalah antopometri, berat badan, tinggi badan, tekanan darah untuk deteksi dini hipertensi, pemeriksaan gula darah untuk mendeteksi dini diabetes, pemeriksaan tajam penglihatan dan tajam pendengaran untuk mendeteksi adanya gangguan penglihatan dan pendengaran, serta penyakit kronis. (CR2)

Facebook Comments Box